Rabu, 07 September 2011

Dog's


Bulldog sudah diketahui akan keberanian mereka yang amat sangat, dapat diandalkan, dan kemampuan menjaga yang baik. Serta dengan penampilannya yang mengerikan, tidak banyak pencuri akan mau menyusup ke rumah anda jika anjing tersebut yang menjaga.
Bulldog juga merupakan anjing yang paling jinak dan bersahabat dengan anak-anak. Keramahan dan perhatiannya membuat Bulldog benar-benar dapat menjamin kebahagiaan banyak manusia.

Bassed Hound
Anjing bassed hound sudah diketahui sebagai anjing yang penurut apalagi saat berjalan-jalan. Mereka juga memiliki perilaku dan temperamen yang baik dan sangat cocok bersama dengan anak-anak. Melatih mereka amatlah sulit, kekurangan mereka dalam kecerdasan lebih dari pengabdian mereka pada pekerjaan!!

Anjing lainnya yang memiliki kemiripan dengan karakter kucing adalah anjing chow-chow ini yang biasanya merupakan anjing rumahan sebagai teman bermain. Mereka amat setia kepada keluarga (majikan) mereka dan bias saja cemburu pada tamu yang datang ke rumah majikannya. Chow-chow memiliki sifat dominan dan cocok dengan majikan yang berkemauan yang keras dan tegas, atau mereka akan mengambil kendali di dalam rumah tangga anda!
Anjing ini sangat keras kepala sehingga menyebabkan mereka memiliki kecerdasan yang rendah
SIBERIAN HUSKY (bahasa Rusia: Сибирский хаски, Sibirskiy Haski) termasuk dalam jenis anjing ras berukuran medium dan berbulu tebal. Anjing ras ini tidak ganas, bahkan terlalu baik dan manja terhadap manusia. Ras ini sekilas mirip serigala, mungkin juga diperkirakan terjadi karena hasil persilangan alam. Aslinya ras ini dikembangkan oleh masyarakat Chukchi di daerah Asia timur laut sebagai anjing penarik kereta untuk membawa beban. Tahun 1909, pertama kalinya sejumlah anjing ini dibawa ke Alaska untuk bertanding dalam pertandingan jarak jauh seluruh Alaska. Dan disanalah ketahanan tubuh dan kecepatan lari anjing dari Siberia ini mulai dikenal. Pada musim dingin di Tahun 1925, ketika demam Diptheria melanda kota Nome, suatu daerah terpencil di Alaska, tim estafet anjing ini membawa serum penyelamat hidup manusia dari daerah Neana yang jaraknya cukup jauh. Usaha keras bersemangatkan kepahlawanan dari para pengendara dan anjingnya ini mendapatkan penghargaan nasional. Salah satu pengendara, Leonhard Seppala, membawa tim Siberian Huskynya, keturunan asli yang diimport dari Siberia, ke Amerika Serikat dalam perjalanan pertunjukan pribadinya. Ketika di Inggris, dia bertanding dalam pertandingan anjing penarik kereta dan sekali lagi membuktikan kekuatan dari Siberian Husky yang mengalahkan anjing-anjing lokal lainnya. Negara Inggris memberikan penghargaan pengakuan terhadap anjing ras ini pada Tahun 1930 dan Klub Siberian Husky didirikan di Amerika Tahun 1938. Siberian Husky memiliki sifat yang menyenangkan. Dia sangat mesra. Watak yang lembut dan bersahabat ini mungkin terjadi sebagai warisan masa lalu, sejak masyarakat Chukchi memelihara anjing-anjing ini dalam penghargaan yang besar. Mereka merumahkan anjing-anjing ini dalam perlindungan keluarga dan mendorong anak-anak mereka untuk bermain bersamanya. Sekarang ini, sangat mempesona untuk mengamati bagaimana Siberian Husky dan anak-anak saling memiliki satu sama lain. Siberian Husky sangat waspada, gemar menyenangkan dan mudah menyesuaikan diri. Tingkat kecerdasannya telah dibuktikan, tetapi jiwa merdekanya setiap waktu menantang kecerdikan manusia. Kemampuan serba bisanya membuat dia menjadi teman yang serasi bagi manusia pada semua umur pada berbagai kesukaan.

SPITZ Melalui penangkaran selektif, anjing jenis spitz telah mengalami evolusi agar dapat membantu manusia dalam berburu, menggembala ternak, dan menarik kereta salju. Anjing jenis spitz yang besar dan kuat seperti Anjing Beruang Karelia dan Elkhound Norwegia digunakan untuk berburu rusa besar dan rusa merah. Anjing spitz tipe kecil seperti Spitz Finlandia dan Lundehund Norwegia dipakai di Skandinavia untuk berburu burung dan mamalia kecil. Anjing Eskimo Kanada dan Anjing Greenland adalah jenis spitz yang paling besar. Hingga di abad ke-19, kedua anjing ras tersebut dipakai untuk menarik kereta salju, tapi perannya digantikan Siberian Husky yang lebih kecil. Jenis spitz yang lain, Lapphund Finlandia (Suomenlapinkoira) digunakan untuk menggembala rusa kutub oleh suku Sami. Bulu yang tebal dan empuk, ekor yang melengkung, moncong yang lancip, dan daun telinga yang kecil menjadikan anjing spitz disenangi orang. Penampilannya yang cantik membuat orang menangkarnya untuk dijadikan anjing peliharaan, atau anjing mainan. Anjing Pomeranian yang kecil mungil adalah salah contoh anjing mainan yang berasal dari anjing ukuran besar sebesar Keeshond. Walaupun demikian, anjing spitz sering masih memiliki ciri khas serigala, seperti kemandirian yang berlebihan, cepat curiga, dan agresif terhadap manusia yang tidak dikenal atau binatang lain. Beberapa jenis anjing spitz seperti Anjing Beruang Karelia hampir tidak mungkin dilatih sebagai anjing peliharaan.

LHASA APSO (lha-saw op-so) adalah jenis anjing yang berasal dari Tibet. Lhasa Apso pada awalnya dibiakkan untuk menjaga biara dengan memberi tahu para biksu tentang adanya penyusup yang akan memasuki biara.

SAMOYED adalah salah satu dari 14 anjing ras termurni di dunia. Bulunya tebal, berwarna putih, dengan wajah khas yang mirip dengan serigala. Bentuk tubuhnya tegak sempurna, dengan ekor yang melengkung ke arah punggungnya. Mata dan mulutnya dibingkai oleh garis warna hitam, menegaskan ekspresi wajah yang selalu ramah. Begitu ramahnya, anjing ini memiliki julukan anjing tersenyum. Nama Samoyed diambil dari nama bangsa yang hidup di Siberia, yang salah satu sukunya Nenet membiakkan anjing ini untuk membantu kehidupan sehari-hari mereka. Tempat tinggal mereka yang dingin di Siberia tidak menjadi masalah berkat bulu yang sangat tebal. Samoyed memegang peran yang vital dalam keluarga suku Nenet. Selain menggembalakan rusa kutub dan menarik kereta salju, Samoyed juga diandalkan menjaga anak-anak mereka. Di saat malam hari, Samoyed dijadikan kasur hidup yang hangat di dalam kemah suku yang nomaden ini.

SHARPEI adalah jenis anjing yang hampir seluruh tekstur tubuhnya berbentuk keriput. Nama Sharpei sendiri berasal dari Tiongkok, yang menyebutnya Sha Pi (Hanzi: 沙皮) yang berarti "Kulit Pasir". Ketika masih bayi, Sharpei memiliki banyak sekali keriput. Tetapi menginjak usia dewasa, keriput mulai berkurang dan menjadi satu dengan kulitnya. Jenis ini tidak diakui oleh American Kennel Club sampai tahun 1991.Penampilan Walaupun ada berbagai jenis warna Sharpei, tetapi ras ini memiliki karakteristik yang sama dengan Chow Chow, yaitu lidah yang biru kehitaman. Pada bayi Sharpei, hampir seluruh tubuh termasuk kepala dan leher ditutupi lembaran kulit yang keriput. Pada Sharpei dewasa, keriputnya bersatu dengan kulit, sehingga keriputnya tinggal tersisa pada kepala dan leher. Cara memelihara yang salah dapat mengakibatkan Sharpei dewasa masih memiliki keriput yang meliputi seluruh tubuh. Dengan telinga yang kecil, bermoncong seperti kuda nil dan buntut yang tegak, Sharpei memang sangat unik.

SHIBA INU (Anjing Shiba) adalah anjing asli Jepang yang sudah ada sejak zaman kuno. Shiba Inu merupakan anjing ras paling populer di Jepang. Tipe anjing berukuran sedang, tinggi badan jantan sekitar 38 cm hingga 41 cm, sedangkan tinggi badan betina sekitar 35 cm hingga 38 cm.Shiba Inu merupakan salah satu dari 7 jenis anjing ras unggulan (sekarang hanya tinggal 6 jenis) yang ditunjuk sebagai pusaka nasional Jepang (tennen kinen butsu) sejak 16 Desember 1936. Di antara 6 jenis anjing ras unggulan, Shiba Inu merupakan satu-satunya tipe anjing berukuran badan sedang sehingga populer sebagai anjing peliharaan. Menurut data mutakhir Perkumpulan Pelestari Anjing Jepang, dari total 6 jenCiri-ciri umum Shiba Inu memiliki bulu berwarna cokelat kemerah-merahan, walaupun ada juga Shiba Inu dengan bulu berwarna hitam, dengan lapisan bulu sebelah dalam berwarna coklat muda hingga abu-abu. Bulu pendek terdiri dari dua lapis, lapis atas yang kasar dan lapis dalam yang tebal dan halus. Lapis dalam rontok dan digantikan bulu baru sebanyak dua hingga tiga kali setahun. Kuping berdiri dan ekor melengkung.is anjing ras Jepang yang dipelihara sekitar 80% adalah Shiba Inu.
BULLDOG adalah salah satu anjing ras tertua di dunia yang berasal dari Inggris, maka sering dikenal sebagai English Bulldog. Mula-mula anjing ini dipelihara sebagai anjing adu atau petarung dengan sapi liar atau banteng, sehingga Bulldog merupakan anjing yang agresif dan tangguh. Sekitar tahun 1835, pertarungan anjing dilarang oleh Undang-undang di Inggris, sehingga Bulldog dipelihara dan dibiakkan untuk maksud yang berbeda, yakni anjing sahabat (Companion Dog). Anatomi juga mengalami perubahan dari anjing yang cukup tinggi menjadi anjing yang pendek dan lucu serta berhidung pesek. Bulldog cocok dipelihara didalam rumah sebagai anjing keluarga yg setia dan baik. Namun simbol sebagai anjing yang tangguh dan berani tetap melekat pada Bulldog. Bulldog banyak digunakan sebagai lambang keberanian dan ketangguhan di militer maupun anjing nasional kebanggaan Inggris.

GOLDEN RETRIEVER adalah anjing trah yang mulanya dibiakkan sebagai anjing pemburu untuk mengambil burung hasil buruan yang sudah ditembak.Anjing trah ini termasuk jenis Retriever (pengambil) yang menemukan atau mengambilkan burung air atau unggas liar untuk pemburu. Bulu mereka keemasan (golden) di bawah sinar matahari sehingga disebut Golden Retriever. Mereka dibiakkan sebagai anjing yang secara intuisi menyenangi air. Sewaktu mengambil hewan buruan, mereka tidak menggigit secara kasar. Burung hasil buruan diberikan kepada pemburu dalam keadaan utuh dan tidak rusak.Kecerdasan dan kepandaian yang beraneka ragam menjadikan Golden Retriever sebagai anjing multiguna. Di antaranya, mereka dipekerjakan sebagai anjing pelacak narkoba, anjing penyelamat (Search and Rescue), anjing pemburu, dan anjing penuntun. Sifatnya yang bersahabat, sabar, dan selalu ingin menyenangkan hati pemiliknya, menjadikan Golden Retriever sebagai salah satu anjing keluarga yang paling populer di dunia (menurut statistik registrasi anjing)

LABRADOR RETRIEVER adalah salah satu dari beberapa jenis anjing pemungut buruan (retriever) dan salah satu anjing ras terpopuler di dunia karena energetik, pandai, dan bersahabat sehingga cocok dijadikan anjing pekerja. Labrador Retriever terkenal pintar dan cepat belajar, serta senang dipuji dan diperhatikan. Sebagian besar Labrador sangat senang main air, sehingga sengaja dibiakkan untuk mengambil hewan buruan yang jatuh ke air. Pemburu bebek liar sering ditemani anjing Labrador untuk mengambil bebek hasil buruan di semak-semak atau di air dan memberikannya (retrieve) untuk sang majikan.
BOXER ialah salah satu ras murni anjing. Dalam klasifikasi anjing ras, Boxer termasuk kelompok anjing pelacak. Mereka kuat dan sanggup berlari di ruang terbuka dalam rentang waktu yang panjang. Anjing ini disebut demikian karena ia menggunakan kaki depannya untuk memukul bila sedang berkelahi.
AKITA INU adalah salah satu dari anjing trah Jepang. Nama resmi jenis anjing ini adalah Akita Inu. Jenis anjing ini tidak sama dengan American Akita. Ciri-ciri umum anjing ini berukuran besar, memiliki keseimbangan tubuh dan proporsi tubuh yang baik, dan bertubuh kekar. Sifatnya tenang, setia, penurut, mudah diajar. Perbandingan tinggi badan (diukur dari permukaan tanah sampai ke pundak) dan panjang badan (diukur dari pundak hingga titik di pantat) adalah 10 : 11. Anjing betina memiliki tubuh yang lebih panjang.


DALMATIAN adalah nama jenis anjing yang dikenal dengan warna kulitnya yang putih dengan (pada umumnya) noda-noda hitam. Variasi warna coklat juga kadang ditemukan walaupun jauh lebih jarang. Nama Dalmatian berasal dari Propinsi Dalmatia dari negara Kroasia, yang diperkirakan sebagai asal dari jenis ini.
Anjing ini bukan anjing yang terlalu cerdas, staminanya juga tidak terlalu baik, dan jarang menggonggong. Namun dia pemberani, cukup lincah untuk ukurannya, dan memiliki protective instinc yang kuat. Dia anjing yang setia, bisa akur sama kucing peliharaan dan aman karena tidak suka menggigit. Tidak akan menggigit kalau orang tersebut tidak melawan dan Bullmastiff selalu siaga
Louis Doberman adalah seorang penagih pajak. Dia kemana-mana bawa uang banyak, karena itu dia butuh pengawal yang murah. Jadi dia mengawinkan Rottweiler, Greyhound, dan Terrier. Jadilah anjing cerdas dan protective, cepat, dan berstamina tinggi.
Anjing favoritnya polisi, protective insting yang kuat, cerdas, stamina bagus, gampang dilatih. Itu sebabnya kenapa polisi memilih anjing ini sebagai anjing polisi.
Yang ini emang cantik banget, mirip domba. Ya, karena anjing ini memang aslinya anjing penggembala. Protective instingnya bagus, membuat anjing ini masuk dalam daftar. Sebenarnya yang bikin anjing penggembala bagus buat penjaga adalah, mereka tidak akan meninggalkan posnya.
Sangat kuat, stamina bagus, cerdas dan ramah pada keluarga. Sangat protektif, bisa berbahaya bagi orang asing. Perlu pelatihan sejak kecil supaya besarnya tidak liar.
Ini memang pitbull, tapi tidak sama dengan pitbull terrier (pitbull ada 3 jenis anjing, Amerikan pitbull terrier, staffordshire terrier, atau staffordshire bull terrier). ini adalah staffordshire terrier. Yang ini tidak seagresif pitbull terrier, lehernya lebih pendek. Lumayan baik buat jaga rumah dari maling.

ANJING GEMBALA SHETLAND (Shetland Sheepdog) atau Sheltie adalah jenis anjing ras asal Skotlandia. Tubuh berukuran sedang sehingga sesuai dipekerjakan sebagai anjing gembala di padang rumput Kepulauan Shetland, Skotlandia. Anjing Sheltie dikenal cerdas dan mudah beradaptasi dengan anggota keluarga yang lain. Anjing jenis ini cocok diajak tinggal di apartemen maupun rumah di pedesaan. Bulu terdiri dari dua lapis, lapisan bagian atas kasar dan panjang, sedangkan lapisan bagian bawah pendek dan halus. Bulu panjang dan lebat dalam berbagai warna dan corak. Anjing Sheltie suka menyalak bila melihat orang asing.

ANJING ST. BERNARD adalah tipe anjing yang awalnya ditujukan untuk anjing pekerja dan untuk pertolongan. Jantannya dapat tumbuh sampai seberat 68 sampai dengan 90 kg. St. Bernard dikenal karena kesetiaannya, ketajamannya dan toleran terhadap anak-anak dan hewan lainnya, sehingga anjing St. Bernard sering dijadikan sebagai anjing keluarga. St. Bernard juga merupakan anjing penjaga yang baik karena ukurannya yang besar. Leluhur St. Bernard adalah anjing penggembala dari Swiss. St. Bernard yang paling terkenal adalah Barry yang dilaporkan telah menyelamatkan sekitar 40 manusia. Sebuah monumen dibuat untuk Barry di Cimetière des Chiens. Tubuhnya diawetkan dan ditempatkan di museum sejarah di Bern..
















Tidak ada komentar:

Posting Komentar